Global Promotion Alliance
Lot of Visitors

Rabu, 28 April 2010

12 KIAT PERKAWINAN BAHAGIA

Rasanya, tak semua perkawinan berjalan mulus tanpa konflik. Beberapa bahkan mengalami konflik hebat yang berakhir dengan perceraian. Tentu ,Anda tak ingin ini menimpa perkawinan anda, bukan? Nah agar perkawinan anda bahagia, simak 12 kiat dibawah :

1.BERTENGKAR SECARA FAIR
Bertengkar biasa, bahkan bisa menjadi bumbu perkawinan. Namun tentu tak sembarang bertengkar,melainkan bertengkar secara fair. Bagaimana caranya
a.Hindari berteriak, memukul, melempar sesuatu, menjerit, saat bertengkar
b.Tetap focus pada satu isu pada saat yang sama
c.Beri kesempatan pasangan berfikir dan tidak harus menyelesaiakan masalah sekarang juga. Atur waktu jika memang diperlukan, tapi pastikan anda siap menyelesaikan masalah dengan kepala dingin
d.Jangan hanya mendengar apa kata pasangan. Cobalah untuk mengerti alasan dan kepedihannya.
e.Cobalah berempati dan peduli pada pasangan .

2.LIHATLAH DIRI SENDIRI
Kala sesuatu berlangsung buruk dalam perkawinan, kita sering dengan cepat menuduh pasangan-lah yang salah, tanpa melihat diri kita sendiri.
Padahal ,melihat diri sendiri atau instropeksi seringkali dapat menolong perkawinan.
Dengan instro peksi, kita akan melihat apa yang perlu diubah. Kita dapat mengubah perspektif kita dalam menghadapi masalah. Kita juga akan menyadari bahwa kita telah melakukan hal yang terbaik dan kita dapat melakukan sesuatu untuk menyelamatkan perkawinan. Berdasarkan pengalaman, biasanya pasangan yang menyalahkan pasangannya justru yang punya masalah. Punya teman selingku-lah , selalu mengritik pasangan-lah, bahkan selalu menganiaya, dan sebagainya.

3.BELAJAR SABAR
Kesibukan sering membuat kesabaran habis. Akibatnya, perkawinan pun tak lagi menyenangkan, dipenuhi cekcok dan konflik. Padahal, kesabaran merupakan kunci menyelamatkan perkawinan dari kehancuran. Jadi, jika muncul perbedaan pendapat, cobalah bersabar, cari waktu untuk saling bicara dan tunjukkan cinta anda.

4.TERSENYUM
Cara terbaik menghargai pasangan adalah selalu tersenyum dan membiarkan ia tahu bahwa ia sangat berharga buat anda. Banyak pasangan yang sangat menikmati senyum pasangannya, dan menikmati kala pasangan mengutarakan cinta padanya. Tatap mata pasangan dan biarkan mereka tahu bahwa ialah orang terbaik buat anda.

5.MENYADARI BERHAGANYA PASANGAN
Banyak orang tidak menghargai pasangannya. Akibatnya, Perkawinanpun lama-lama jadi tak nyaman.Cobalah berpikir tentang apa saja yang telah dilakukan pasangan untuk anda. Tanyakan, apa artinya dia buat anda, kemudian bagi pikiran itu dengan pasangan. Biarkan dia tahu betapa besar artinya dia bagi anda.

6.BERI PUJIAN
Ceritakan semua hal yang indah tentang pasangan pada orang lain, Khususnya kala ada pasangan di dekat anda. Ini akan meningkatkan ego pasangan, karena ia pun ingin membuat anda bahagia dan bangga padanya. Selain itu, orang lain pun akan mempunyai penghargaan lebih padanya seperti yang anda lakukan.

7.BERSIHKAN RUMAH TANGGA
Bak membersihkan rumah, kehidupan rumah tangga pun sesekali harus pula ‘dibersihkan’. Beberapa hal yang biasa dilakukan untuk membersihkan hubungan dengan pasangan antaralain meningkatkan komunikasi, menunjukan perhatian, melakukan hal-hal yang baik, saling memuji dan saling minta maaf untuk segala sesuatu yang telah dilakukan, dan sebagainya. Permintaan maaf biasanya juga akan dapat menghapus semua noda dalam perkawinan.

8.HADIAH YANG SELALU DIINGAT
Biasanya, kita membelanjakan sebagaian uang untuk berlibur dan perayaan (seperti lebaran). Jarang yang mempertimbangkan memberi hadia yang membuat perkawinan kita berbeda, saran para ahli, beri pasangan hadiah sekaligus untuk diri sendiri.
Ingatlah hadia terbesar bukanlah harta, melainkan cinta yang tulus. Ada hadiah yang gampang terlupakan, tetapi adapula yang selalu kita ingat. Bukan masalah harga atau bentuk materinya. Hadiah yang terbaik adalah hadiah yang kita berikan dengan sepenuh hati. Hadiah-hadiah berikut pasti tak bakal di lupakan pasangan :
a.Kartu pos berisi permintaan maaf atas apa yang telah anda lakukan.
b.Puisi yang mengekspresikan cinta anda
c.Album foto berisi foto-foto favorit anda berdua
d.Hadiah yang ia inginkan sejak kecil tetapi tak perna diterimanya.
e.Menghabiskan waktu bersama pasangan, walaupun hanya 1-2 jam saja.

9.PERERAT KEINTIMAN
Banyak orang yang lupa untuk mempererat kedekatan dengan pasangan. Padahal, banyak cara bisa dilakukan. Antaralain mencoba selalu dekat dan saling melayani, menghindari melukai pasangan, selalu bersikap jujur pada pasangan, melakukan yang terbaik, dan selalu berpikir positif.

10.KOMPROMI
Perkawinan adalah sebuah kompromi. Jadi persiapkan diri anda untuk berkompromi tentang apa yang anda dan pasangan inginkan.

11.BULAN MADU KEDUA
Kencan berdua juga biasa menjadi salah satu cara untuk menjaga agar perkawinan tetap terjaga. Anda bisa mengajak pasangan sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah atau pertokoan, atau sesekali bepergian keluar kota barang satu dua hari.
Resep paling ampuh adalah bulan madu kedua ,anda bias berbulan madu ke tempat bulan madu yang pertama anda dulu. Sepertinya sepele, kan, tapi dengan melakukan hal-hal tersebut, pasangan akan merasa sangat diperhatikan. Ingat ,perkawinan yang baik tidak akan berhasil tanpa dukungan dari kedua belah pihak.

12.JALAN TERAKHIR
Jika semua upaya sepertinya tidak membuahkan hasil dan perkawinan anda masih aja dirundung masalah, cobalah ikuti program konsultasi perkawinan. Dan berdo’a- lah kepada Allah dengan cara menjalankan perintahnya dan menjahui larangannya, seperti sholat berjamaah berdua dan banyak-banyak beristighfar minta ampunan kepada Allah dengan begitu insya allah perkawinan anda akan bahagia amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar